TUNA LONG LINE - INFORMASI DAN TEKNOLODI PERIKANAN
Headlines News :
Home » » TUNA LONG LINE

TUNA LONG LINE

TUNA LONG LINE


Alat tangkap yang banyak digunakan untuk menangkap ikan tuna di perairan lepas pantai salah satunya adalah rawai tuna (tuna long line).




Konstruksi

Konstruksi tuna rawai tuna (long line) yang umum dioperasikan di Indonesia dewasa ini adalah long line dengan sistem, arranger, sistem seperti ini Iebih banyak resikonya dibandingkan dengan sistem lama, kerena tidak boleh terlambat mengangkat branch line. Jumlah mata pancing diantara pelampung berjumlah antara 15-19 mata pancing, jumlah pelampung dalam satu set long line berkisar antara 90-110 buah dan main line yang digunakan adalah polyester atau kuralon.


Metode pengoperasian
Pemasangan pancing (setting) dilakukan sesuai dengan kebiasaan nelayan atau disesuaikan dengan kondisi perairan. Lama perendaman pancing selama 5-8 jam. Pemasangan atau penurunan pancing (setting) dilakukan dari bagian belakang kapal (bagian buritan), sedangkan pengangkatan (hauling) dilakukan dan bagian depan kapal (bagian haluan)



Daerah penangkapan
Daerah penangkapan yang terbaik adalah di daerah penangkapan yang sebelumnya sudah diketahui adanya keberadaan ikan cakalang Biasanya di perairan lepas pantai yang menjadi tempat ikan tuna.

Untuk ikan tuna jenis southern bluefin berada di selatan Jawa (Samudra Hindia), untuk tuna jenis albacore, yellowfin, bigeye dan longtail hampir menyebar mulai dan perairan Indonesia bagian Utara sampai ke selatan.

Musim penangkapan
Musim penangkapan sepanjang tahun.
Pemeliharaan alat
Pemeliharaan alat tangkap sebaiknya setelah alat dipakai dicuci dengan air tawar, bagian yang rusak diperbaiki, dikeringkan di tempat yang tidak kena sinar matahari secara langsung dan disimpan ditempat yang bersih.
Pengadaan alat dan bahan jaring
Alat dan bahan jaring bisa diperoleh di semua toko perlengkapan nelayan di lokasi terdekat.

Kisaran harga satuan peralatan
Kapal tuna long line bisa mencapai ratusan juta rupiah. Satu set pancing long
-line berkisar antara Rp. 6,000,000-10,000,000.- atau tergantung besar kecilnya alat.


Sumber : Dit PMP, DKP
Kontak : Departemen Kelautan dan Perikanan Direktorat Jenderal Kelautan, Pesisir dan Pulau-Pulau Kecil, Jl. Medan Merdeka Timur No. 16 Lantai 9 Tel. (021)3519070 (Hunting) Fax. (021) 3522560 Jakarta
Share this article :

0 komentar:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !


 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. INFORMASI DAN TEKNOLODI PERIKANAN - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger